Recent Posts

Beranda

Facebook

Cari Blog Ini

Random Posts

Recent Posts

Header Ads

Popular Posts

Comments

3-comments

Archive

Latest video-course

1-tag:Videos-800px-video

Campus

4-tag:Campus-500px-mosaic

About

This just a demo text widget, you can use it to create an about text, for example.

Testimonials

3-tag:Testimonials-250px-testimonial

Logo

Logo
Logo Image. Ideal width 300px.

Ads block

Banner 728x90px

Courses

6-latest-350px-course

Search This Blog

Transportasi Aman dan Nyaman Hanya Terwujud dalam Sistem lslam

Rabu, 13 September 2023


Oleh : Mira Sutami H (Pemerhati Sosial, Generasi dan Kebijakan Publik) 


Transportasi merupakan kebutuhan penting bagi umat manusia baik darat, laut maupun udara. Namun seiring waktu kenyamanan dan keamanan umat dalam bidang transportasi ini mulai hilang. Kecelakaan seringkali mewarnainya, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum baik di darat, laut, atau udara. Terutama transportasi darat dimana kecelakaan sering terjadi. Bahkan angka kecelakaan di negeri ini terus meningkat tiap tahunnya. 

Hal itu dapat diketahui dari data Badan Pusat Statistik ( BPS ). Data tersebut menyatakan bahwa dari tahun 2019 hingga 2021, lndonesia mengalami peningkatan kecelakaan lalu lintas hingga menyentuh angka 103.645 kejadian pada tahun 2021. Bahkan lndonesia termasuk negara ASEAN yang memiliki angka kematian tergolong tinggi akibat kecelakaan berkendaraan di jalan. Sedangkan kendaraan motor mendominasi kecelakaan lalu lintas dari tahun ke tahun. 

Faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di negeri ini sangat banyak sekali. Diantaranya adalah ketaatan pengendara yang sangat minim, kelayakan kendaraan ( uji KIR ) dan kondisi jalan yang buruk. Bukan rahasia umum pengguna jalan termasuk pengendaraan kendaraan di negeri ini seringkali tidak taat akan peraturan lalu lintas seperti tidak memakai helm, anak - anak yang belum cukup umur dan tidak punya SIM mengemudi motor bahkan mobil. Ngebut - ngebutan di jalan, mengemudi dalam kondisi mengantuk atau mabuk. Atau bahkan menerobos lampu merah pun juga kerap terjadi dan mengakibatkan kecelakan. 

Kondisi jalan yang berlubang juga mewarnai maraknya kecelakaan di negeri ini. Jumlah jalan yang rusak juga menyebar di beberapa wilayah baik desa maupun kota. Jalan berlubang yang memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dan seolah pemerintah pusat maupun daerah pusat diam seribu bahasa dengan kondisi jalan yang rusak ini. Terbukti salah satu wilayah pernah viral dimana ada seorang pengguna Tik Tok protes akibat jalan yang rusak di wilayahnya. Dan baru perintah meninjau dan berjanji memperbaiki jalan di sana. Lalu bagaimana wilayah yang rusak dan tidak viral yang jumlahnya pun banyak sekali yang belum tersentuh.

Untuk kendaraan umum biasanya juga tak mengindahkan kelayakan kendaraan. Kendaraan tipe lama yang semestinya tidak layak jalan juga masih dipakai. Atau tidak melakukan pemeriksaan saat kendaraan akan atau sehabis dipakai. Biasanya perusahan transportasi berupaya menghemat biaya jadi kendaraan tak layak masih dioperasikan. Nah ini harus menjadi perhatian semua termasuk pemerintah. Karena banyak sekali kecelakaan kendaraan umum diakibatkan oleh ketidaklayakan kendaraan beroperasi. Hingga menambah jumlah kecelakaan semakin meningkat. 

Sayang walaupun faktor pemicu kecelakaan lalu lintas sudah diketahui dan angka kecelakaan terus meningkat namun penguasa negara di sistem kapitalisme sekuler tutup mata tidak mengambil tindakan pencegahan sama sekali. Padahal umat tentu menginginkan bisa aman dan nyaman dalam bertransportasi. Persoalan transportasi ini hanya bisa selesai dengan sistem lslam.

Islam sangat mengutamakan keselamatan rakyatnya dalam segala hal termasuk dalam bidang transportasi ini. Dalam hal ini negara akan memberikan layanan terbaik untuk rakyatnya. Negara akan membangun jalan yang terbaik. Memberi modal untuk membeli kendaraan yang aman dan layak pakai. Selain itu tiap kali akan dan selesai kendaraan itu akan diperiksa terlebih dahulu agar tidak rusak di jalan hingga mengakibatkan kecelakaan atau bahkan merenggut nyawa manusia. Dan dananya semuanya diambil dari kas negara. 

Islam juga melakukan pembinaan kepada umat agar memiliki kesadaran dan taat aturan termasuk dalam hal berlalu lintas. Serta petugas yang melakukan pengecekan dan menjaga jalan dan kelancaran transportasi juga akan amanah dalam menjalankan tugasnya karena ketakwaan. Hal ini karena sistem pendidikan dalam sistem ini berbasis akidah hingga membuat individu melakukan sesuatu karena ketakwaan kepada Allah. Jadi umat dalam sistem ini akan taat dalam segala hal termasuk dalam berkendaraan di jalan hingga kecelakaan akan sangat minim atau bahkan tidak terjadi. Jadi transportasi aman dan nyaman hanya terwujud dalam sistem ini. 

Nah dari fakta di atas jelas bahwa sistem lslam mampu menyelesaikan masalah transportasi. Memang lslam itu satu sistem yang berasal dari wahyu yang akan menyelesaikan seluruh persoalan umat jadi bukan hanya sebuah agama semata. Saatnya umat sadar akan hal ini. Dan perlu diingat sistem lslam mampu terwujud bila lslam diterapkan secara kaffah oleh khilafah sebagai institusinya. 
Wallahu a'lam bish shawab.

Note : Isi tulisan diluar tanggung jawab redaksi ibumenulis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar